Teknik Menyeleksi Pondok Pesantren

Waktu ini, ada amat banyak pondok pesantren, elok dalam taraf kecil mau pun dalam standar besar. Namun tahukah saya, ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan dalam menyeleksi pondok pesantren. Sebab bila kita melenceng memilih, dipastikan akan berdapak buruk saat santri. kurang lebih hal yang perrlu jadi pertimbangan adalah sebagai sesudah itu:



1. Lihatlah sosok pengasuh

Pengasuh asrama sangat giat penting terhadap santri. Sosok pengasuh bakal menjadi warna tauladan yang baik hisab santri. Karena tidakan dan perilaku pelatih akan memerankan barometer santri dan rumpun sekitar. Jadi carilah asrama yang mengarungi pengasuh yang sangat hati-hati dalam bertingkah laku. Seperti, Wirai, punya reputasi bagus, antara ucapan dan tindakan saja sesuai.

2. Lihatlah Kurikulumnya

Kurikulum dalam sebuah pondok pesantren modern atau peraturan pendidikan sangat penting. Sebab akan sangat berpengaruh tentang para lulusanya. Jangan tahu kualitas lembaga pendidikan seharga karena memandang kemegahan sebuah gedung. Benih kegahan satu gedung seringkali hanya membodohi. Tidak sedikit kemegahan satu buah gedung plus mendapat tumpuan dana mulai pihak unik, seperti: Daripada kalangan penata laksana, pengusaha, permerintahan sebuah negara dan lain sebagainya. sementara itu kita terbuka, dari mana dana para pejabat ini berasal?

3. Lihat Tatanan Alumni

Manuver para alumni setelah meniru (karangan) pada lembaga pendidikan punya arti krusial. banyaknya alumni yang mempunyai tingkah laku jorok tentu mempunyai hubungan beserta pola tata usaha dalam peraturan pendidikan itu.

4. Langut Jamaah Pengikut

Jamaah saudara sosok pembimbing penting jadi pertimbangan. Seringkali setiap pelatih pondok pondok memiliki jemaat pengajian, nah dari sini bisa diihat bagaimana derajat pimpinaan pondok. apakah sepertinya sangat demokratis, tidak mengajarakan kekerasan, atau sangat santun dan menutupi nilai-nilai yang baik.

Write a comment

Comments: 0